Jumat, 17 April 2020 FISIP UHAMKA menyelenggarakan seminar online (Webinar) dengan topik Menata Kembali Komunikasi Keluarga Menghadapi Covid-19.

Sebagai mana kita ketahui peran keluarga adalah hal yang paling penting dihidup kita. Terlebih lagi saat ini terjadi wabah pendemi covid-19.

Komunikasi keluarga harus tetap terjaga dengan baik, ada banyak komunikasi didalam keluarga yang harus kita lakukan agar hubungan tetap berjalan dengan baik.

Diantaranya dengan memberikan apresiasi untuk menyampaikan perasaan demi mencapai kesepakatan dan kesepahaman sosial, urusan dengan anak, urusan dengan pasangan, dan urusan bersama memberikan dukungan kepada semua anggota keluarga. Serta membangun asertivasi untuk menghasilkan komunikasi yang solutif (win-win solution).

“Family is not an important thing it’s everything” ungkap wakil ketua umum ISKI Leila Mona Ganiem.

Fungsi keluarga dengan membiasakan kedisplinan, mengembangkan ide-ide, beribadah, dan membersihkan rumah bersama demi mewujudkan komunikasi yang baik dalam keluarga agar tidak bosan terutama terhadap anak saat ditetapkan untuk learning from home.

Peran orang tua saat ini adalah memberikan komunikasi terkait corona kepada anak dengan sederhana, jujur, dan akurat dengan menggunakan bahasa yang sesuau dan dan mudah dipahami ole anak, memberikan panduan mengenai Covid-19, dan membantu anak untuk mengurangi stress agar sehat jiwa, raga dan sosial.

Saling mengingatkan untuk menata kembali komunikasi keluarga, memberikan dukungan dengan membuka ruang diskusi kepada anak, mendengarkan pendapat anak dengan baik, mengisi waktu seperti meeting bersama meluruskan isu-isu negatif agar optimis dan produktif, dan saling mencari serta memberi informasi yang mendukung kesehatan bersama.

Untuk saat ini membangun komunikasi yang dapat menguatkan potensi pada anak jauh lebih penting daripada menekankan anak pada pendidikan.

Reporter : Kartika suci
Editor : Mega
Credit : Formalis