Pembentukan Helpdesk FISIP UHAMKA

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FISIP UHAMKA) mengadakan Workshop Pembentukan Helpdesk pada hari Sabtu 22/02 di Kampus A Limau. Acara ini diselenggarakan dalam rangka membentuk lembaga yang dapat menaungi mahasiswa FISIP dalam menghadapi problematika kehidupan sehari-sehari.
Acara ini dihadiri oleh berbagai unsur civitas akademika UHAMKA, mulai dari Dosen, Mahasiswa dan Psiklog. Acara dibuka langsung oleh Dekan FISIP UHAMKA, Dra. Tellys Corliana, M.Hum. Dalam sambutannya Dekan FISIP mengapresiasi berlangsungnya acara ini. “Pembentukan helpdesk ini merupakan amanat dari assessor pada saat FISIP diakreditasi” katanya. “Banyaknya kasus yang dihadapi mahasiswa, mulai dari kekerasan, keinginan untuk bunuh diri, bullying, menjadi masalah yang harus dihadapi bersama. Apalagi mahasiswa FISIP sangat dekat sekali kehidupannya dengan dunia entertainment” lanjutnya juga.
Acara ini menghadirkan Rita Pranawati, dosen sekaligus wakil ketua KPAI dan juga Dr. Yulmaida Amir, dosen dan juga Psikolog. Menurut Rita, fase perkembangan remaja menjadi dewasa adalah faktor yang sangat rentan menjadikan seseorang menjadi depresi. Fase belajar yang tadinya lebih banyak hafalan semasa SMA menjadi mandiri ketika masuk kuliah juga satu hal yang menjadi problematika di kalangan mahasiswa. Jika orang tersebut tidak siap, bukan tidak mungkin mereka menjadi depresi dan stress.
Lebih lanjut Dr. Yulmaida menambahkan bahwa setiap orang dalam dirinya pasti punya strength and virtues, tergantung ke arah mana orang itu mau membawa sumberdaya tersebut. Terkadang orang tidak tahu harus bagaimana mengembangkan sumberdaya yang mereka miliki. Makanya butuh orang lain yang mengarahkan kekuatan dan kebajikan tersebut. Di situlah antara lain peran helpdesk membantu menemukan kekuatan yang ada dalam diri orang tersebut.
Setelah jeda makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi pendalaman materi. Peserta dibagi ke dalam empat kelompok, dimana masing-masing kelompok membahas apa saja yang dibutuhkan demi terbentuknya helpdesk tersebut. Peserta juga diminta untuk mengidentifikasi problem apa saja yang dihadapi oleh mahasiswa, terutama mahasiswa FISIP UHAMKA.
Setelah semua kelompok menyelesaikan pembahasannya, acara pun ditutup pada sore hari oleh Dekan FISIP UHAMKA. Dekan FISIP berharap semoga lembaga helpdesk ini segera terbentuk dan menjadi motor kemajuan mahasiswa FISIP UHAMKA sesuai dengan VISI UHAMKA, menghasilkan lulusan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial.

Scroll to Top