Cinematography merupakan salah satu komunitas di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah.Prof.DR.Hamka (FISIP UHAMKA) yang bergerak dibidang Perfilman dan Broadcasting, telah mengadakan Seminar Online melalui media discord dengan tema ” Memperluas Kreativitas Milenial Dalam Perfilman dan Broadcasting Selama Pandemi”. Seminar ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Jum’at, 12 Juni 2020 dan Minggu, 14 Juni 2020. Dalam Seminar Online, Cinematogarphy mengundang 2 pamateri. yang pertama yaitu Riri Pohan Sebagai Assisten Sutrdara Film NKCTHI dan yang kedua Nurul Rifki Pratama sebagai Film Maker dan VFX Artist.

Rico Winata Sebagai Ketua Pelaksana Seminar Online ini mengatakan bahwa “seminar ini dilaksanakan untuk dapat membantu generasi milenial yang sedang dalam keadaan self karantina selama pandemic covid-19 agar tetap produktif dengan mencari ilmu dan menambah wawasan tentang dunia perfilman dan broadcasting” (14/06). Konsep seminar online ini dibuat dengan menggabungkan kecangihan teknologi informasi yang semakin berkembang ,serta generasi milenial dapat memperluas kreativitasnya tanpa tidak terpaku dengan kendala yang terjadi saat ini.

“Jika ingin berkarya, mulai lah dengan apa yang ada tidak perlu menunggu untuk memiliki atribut yang bagus. dan jangan malu untuk memperlihatkan karya pertamamu di social media karena dari situ semua orang akan melihat perkembanganmu. Tidak ada yang langsung jago, semua butuh proses” ujar Nurul Rifki Pratama saat memaparkan materinya (14/06).

Antusiasme peserta seminar online ini sangat tinggi, bahkan mencapai 440 orang yang mendaftar. “ Alhamdulillah walaupun ada kendala dari segi kapasistas discordnya kepenuhan dari pihak temen-temen cinematography dapat mengatasinya dengan baik, serta peserta pun dapat mengikutinya dengan lancar” ujar Satya Anggana Styadi selaku Ketua Umum Cinematography FISIP UHAMKA.

Keseluruhan seminar online ini memiliki banyak pelajaran yang bisa diambil dari materi yang diberikan sampe pengalaman pribadi dari pematerinya. Harapan besar dari ketua umum cinematography mengatakan bahwa semoga untuk kedepannya Cinematography dapat bisa membuat kembali acara edukasi seperti ini.