Sekilas Mengenai Peminatan Kehumasan

Selain penyiaran yang menempati peringkat pertama peminatan dengan mahasiswa paling banyak, kehumasan menempati urutan kedua peminatan yang memiliki banyak mahasiswa di prodi ilmu komunikasi fisip – UHAMKA.

Jika kamu berpikir bahwa mahasiswa public relations hanya harus bermodalkan penampilan yang menarik, dan pintar berkomunikasi sepertinya kamu harus merubah cara pandang seperti itu karena pada kenyataannya mahasiswa public relations juga harus bisa menguasai teknik penulisan yang bagus.

Seorang mahasiswa/I public relations akan sangat dekat dengan kegiatan mengkonsep, menulis dan mengedit dari pada mengorganisasi langsung sebuah acara. Belum lagi untuk membuat siaran pers (press release) yang akan di sebarkan kepada rekan-rekan media. Disini kamu juga akan terus berlatih untuk mengasah kemampuan public speaking.

Selain penulisan, kamu juga akan sangat berhubungan dengan yang namanya citra, image, dan reputasi. Hal tersebut sangat menantang, dan tidak membosankan karena akan memiliki dinamika yang pasti selalu berbeda dari waktu ke waktu.

Stereotype lainnya yang sering melekat pada mahasiswa peminatan public relations adalah mereka dijamin akan sukses dengan karir yang lancar dan gaji yang memuaskan, mungkin itu benar-benar akan terjadi jika kamu sungguh-sungguh, pantang menyerah, komitmen, dan memiliki prestasi, tapi jika kamu tidak serius dalam setiap kegiatan akademik maupun non-akademik yang ada maka kamu harus bersiap pada kenyataan pahit yang ada di hadapanmu.

Program studi Ilmu Komunikasi – UHAMKA juga sering mengadakan seminar atau workshop yang terkait dengan peminatan kehumasan jadi ilmu dan pengalaman yang kamu dapatkan akan terus bertambah karena narasumber yang di hadirkan adalah narasumber yang kompeten, professional, juga berpengalaman di bidang public relations.Sekilas Mengenai

Peminatan Penyiaran

Dalam beberapa tahun terakhir jurusan penyiaran dalam bidang ilmu komunikasi cukup banyak peminat di kalangan teman-teman mahasiswa baru. Tidak terkecuali di program studi Ilmu Komunikasi, FISIP – UHAMKA. Hal tersebut terbukti dari banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan diri pada peminatan penyiaran (broadcasting) di setiap tahun. Maka jangan heran jika kelas mata kuliah penyiaran di Ilmu Komunikasi, Fisip UHAMKA akan selalu penuh.

Dosen dan praktisi yang mengajar dalam peminatan penyiaran di Ilmu Komunikasi UHAMKA juga mempunyai pengalaman langsung mengenai dunia broadcasting dalam realita sehari-hari, maka dari itu teman-teman mahasiswa tidak hanya belajar mengenai teori dan pemahaman yang bersumber dari buku saja namun diiringi dengan bekal-bekal pengalaman yang diberikan. Kamu bisa bertanya banyak hal langsung dari praktisi yang sudah sangat berpengalaman di bidang penyiaran.

Seperti kelima peminatan lainnya, penyiaran juga melatih kamu untuk disiplin dan pandai mengatur waktu agar semua yang ditugaskan bisa tepat waktu dan tidak melebihi deadline. Mahasiswa dari peminatan penyiaran juga akan di sibukkan dengan kegiatan produksi yang melibatkan kerja tim (teamwork), disini mahasiswa sedikit demi sedikit di hadapkan langsung dengan situasi yang akan ditemui saat berada di bidang penyiaran yang sesungguhnya. Kamu akan merasakan bagaimana pengalaman yang sangat seru membuat sebuah karya orisinil yang layak di siarkan di mulai dari perencanaan, produksi, editing, evaluasi, dan proses panjang lainnya yang akhirnya akan di nikmati oleh khalayak luas.

Dari proses belajar yang seru, menyenangkan, dan menantang selama masa perkuliahan ini, maka tidak sedikit juga alumni dari peminatan penyiaran yang berhasil menekuni profesi dengan prospek jangka panjang yang matang.

Sekilas Mengenai Peminatan Komunikasi Massa

Peminatan komunikasi massa dalam program studi ilmu komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHAMKA cukup diminati. Alumni yang mengambil komunikasi massa sebagai fokus studinya ketika kuliah dahulu juga sudah banyak yang berkiprah pada lembaga atau media massa komersil yang potensial. Dalam peminatan ini kamu akan banyak berinteraksi dengan orang lain mengingat akan banyak kegiatan wawancara atau liputan yang akan di lakukan ketika kamu berada dalam peminatan komunikasi massa.

Bagi kamu yang ingin menjadi orang pertama yang mengetahui suatu informasi atau kejadian terbaru, komunikasi massa cocok sekali dengan semangat dan jiwamu itu. Disini kamu juga seolah dilatih untuk mempunyai sifat jujur lewat karya jurnalistik yang harus kamu produksi sendiri, disiplin karena deadline tugas atau kegiatan nanti akan sangat terikat oleh waktu, negosiasi dan toleransi karena mungkin akan bekerja teamwork atau kelompok dan akan berinteraksi dengan banyak orang dengan latarbelakang dan pendapat yang berbeda nantinya. Semuanya terasa menyenangkan ketika kamu bisa mengatur waktu dengan baik karena bisa sekaligus jalan-jalan, belajar, mengerjakan tugas dalam waktu yang bersamaan.

Dengan tenaga pengajar yang professional di bidangnya, kamu tidak hanya berada didalam kelas mempelajari teori komunikasi atau konsep dan model komunikasi yang relevan. Sering kali dosen peminatan komunikasi massa juga akan mengajakmu belajar diluar dan berinteraksi dengan orang-orang hebat yang menginspirasi atau professional dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, dalam kelas mata kuliah liputan seni dengan dosen pengampu Sri Mustika, msi. Mahasiswa diajak untuk pergi mengunjungi salah satu pematung wanita legendaris Dolorosa Sinaga.

Mahasiswa bisa berinteraksi dan belajar langsung ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas namun masih berkaitan dengan mata kuliah tersebut. Lewat komunikasi massa, kamu juga bisa mengasah terus kemampuan menulis mu. Dengan semangat, keyakinan, dan doa maka bukan tidak mungkin nantinya kamu akan menjadi seorang jurnalis professional yang patut di perhitungkan namanya di masa depan.

Sekilas Mengenai Peminatan Periklanan

Peminatan yang satu ini tidak akan bisa lepas dari pemikiran kreatif, inovatif, dan orisinil yang harus dimiliki mahasiswa/I yang mengambil fokus peminatan periklanan (advertising). Hal-hal seperti design grafis, sketsa, copywriting, brand communication, adalah beberapa contoh hal yang akan kamu temui di peminatan advertising.

Walaupun terlihat sangat seru dan ‘tanpa batas’ sebenarnya peminatan periklanan memiliki tanggung jawab yang besar dalam setiap kegiatannya. Dengan tanggung jawab seperti itu membuat mental teman-teman mahasiswa/I advertising patut diacungi jempol karena itu adalah hal yang tidak mudah.

Jika kamu orang yang bisa membaca situasi dan memiliki segudang ide yang bisa di aplikasikan maka itu menjadi nilai tambah karena bisa jadi kamu akan tetap bertahan diantara derasnya perkembangan teknologi yang semakin maju yang membawa manusia kepada hal yang lebih modern dan percepatan termasuk dari segi advertising.

Learning by doing and learning everything around you adalah salah satu keuntungan seru yang bisa di dapat saat kamu memutuskan untuk memilih peminatan advertising. Ada begitu banyak iklan di berbagai media mulai dari yang mainstream seperti baliho di jalan, spanduk, iklan di Koran, majalah, media massa online, televisi, hingga sosial media juga bisa jadi materi kuliah yang bisa kamu diskusikan atau analisa dengan dosen.

Sekilas Mengenai Peminatan Manajemen Komunikasi Fisip Uhamka

Peminatan Manajemen Komunikasi dalam program studi Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHAMKA cukup di minati terutama bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Bagi kalian yang sedang bekerja dan tetap ingin berkuliah sepertinya peminatan Manajemen Komunikasi bisa menjadi alternatif. Kegiatan akademik perkuliahan yang dilakukan setiap pukul 17.00-22.00 sangat cocok untuk berbagi waktu kerja dengan kuliahmu pada umumnya.

Selain waktu perkuliahan yang pas untuk kamu yang bekerja, akan ada banyak hal yang bisa dilakukan pada peminatan manajemen komunikasi manajemen komunikasi ini yang juga dapat membantu mahasiswa untuk mampu menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi dan mengembangkan alternatif solusi, merancang strategi komunikasi pemasaran.

Dengan bimbingan dan kegiatan perkuliahan yang dilakukan oleh dosen ahli, mahasiswa manajemen komunikasi akan lebih sering mendapatkan pembahasan materi perkuliahan mengenai komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, hingga strategi komunikasi yang akan sangat bermanfaat dan dapat di aplikasikan dalam kehidupan kerja nantinya.

Mahasiswa dari peminatan ini akan diarahkan untuk dapat mengaplikasikan komunikasi kepemimpinan, mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan, dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.