Intip Beberapa Keseruan Jadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Disini!

Diantara banyaknya jurusan dan program kuliah yang menawarkan berbagai macam pilihan dan potensi yang menjanjikan untuk masa depan, program studi ilmu komunikasi juga menjadi salah satu program studi favorit yang diincar oleh generasi millennial beberapa tahun terakhir. Disini akan ada banyak keseruan yang bisa kamu temui jika kamu memutuskan untuk memilih ilmu komunikasi sebagai program studi yang akan mengantarkan mu mendapatkan gelar sarjana.

1. Lebih dekat dengan isu terkini
Kamu bisa jadi lebih update mengenai permasalahan atau hal viral yang sedang terjadi karena dalam beberapa mata kuliah komunikasi juga akan mengupas hal tersebut dari sudut pandang tertentu. Maka akan sangat tabu jika seorang mahasiswa komunikasi tidak update mengenai informasi terbaru.

2. Karya tulis ilmiahmu bisa mengkaji tentang isu terkini yang seru!
Karya tulis, artikel ilmiah, hingga skripsi yang nantinya akan kamu buat mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk mengkaji mengenai isu-isu hangat atau fenomena-fenomena yang mencuri perhatian masyarakat. Hal ini bisa jadi membuat penelitian ilmiah mu tidak akan membosankan atau membuatmu stress karena justru akan berjalan seru dan menambah pengalaman dalam setiap proses pengerjaan.

3. Melatih kedisiplinan
Siapa bilang anak komunikasi bisa selalu santai? Nyatanya mahasiswa komunikasi justru sangat terikat dengan waktu deadline yang singkat contohnya seperti membuat berita atau tulisan feature ketika kamu memilih peminatan komunikasi massa, lalu membuat film dan video dokumenter jika kamu peminatan penyiaran, atau mendesain sebuah produk bagi kamu yang memilih peminatan periklanan. Deadline yang sering kali selalu ada dalam setiap tugas dan kegiatan mahasiswa komunikasi justru bisa melatih kedisiplinan sejak dini.

4. Kamu tidak akan pernah berhenti berpikir kreatif
Di dalam ilmu komunikasi bukan berarti kamu hanya belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar agar pesan bisa tersampaikan, namun disini kamu juga akan terus belajar mengenai ilmu baru yang dinamis dan kreatif. Banyak hal-hal yang tidak akan kaku karena ilmu komunikasi adalah dunia yang kreatif yang akan membuka banyak pintu pengetahuan dan akan terus mengasah kemampuan berpikir otakmu.

5. Memperkuat teamwork
Dunia imu komunikasi sangat berkaitan erat dengan teamwork atau kerja tim. Kegiatan atau tugas yang diberikan saat perkuliahan akan cukup banyak dilakukan secara berkelompok yang memancing kerjasama, solidaritas, sekaligus belajar kepemimpinan, bertoleransi, dan negosiasi. Walaupun mungkin cukup sulit untuk membuat banyak perbedaan pendapat bisa menyatu dalam sebuah kelompok tapi tidak heran kalau nantinya kamu bisa jadi punya banyak teman lewat kerja kelompok yang selama ini sudah kamu laksanakan.