Skripsi

       Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa sebagai hasil proses belajar dan pengembangan pengetahuan tentang ilmu komunikasi seuai bidang peminatan masing masing. Skripsi disusun berdasarkan penelitian lapangan dan/atau kepustakaan yang dilakukan mahasiswa secara mandiri sesuai dengan ketentuan yang ada di bawah bimbingan dosen untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Sosial program studi Ilmu Komunikasi.

     Tujuan penulisan skripsi adalah sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan mengikuti metode penelitian yang benar dan tata bahasa penulisan ilmiah. Dengan bobot 6 sks penulisan skripsi harus memenuhi kaidah penulisan ilmiyah yaitu objektif, metodologis, komunikatif dan sistematis. Untuk dapat mengajukan penyusunan skripsi mahasiswa harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan 130 sks, (mahasiswa semester 7 ke atas) dengan IPK minimal 2,50.
  • Lulus mata kuliah teori, metodologi dan peminatan.
  • Terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa pada program studi yang bersangkutan pada semester yang sedang berjalan
  • Telah melunasi seluruh kewajiban keuangan sampai dengan semester yang sedang berjalan.
  • Penyusunan skripsi dimulai dengan pengajuan judul, bimbingan penyusunan proposal skripsi dengan dosen yang telah ditetapkan, seminar proposal penelitian, melakukan penelitian sesuai dengan proposal yang telah lulus dalam seminar (dengan bimbingan dosen) sampai dengan pelaksanaan ujian skripsi. Ketentuan dan prosedur lebih jelas silakan baca dalam buku panduan skripsi yang telah disediakan.
  • Bagi mahasiswa yang akan menyusun skripsi diwajibkan untuk mengikuti seminar proposal skripsi sebagai peserta aktif. Adapun ketentuan untuk mengikuti seminar proposal adalah sebagai berikut : Ketentuan Mengikuti Seminar Proposal Skripsi