Praktik Kerja Lapangan

     Perkembangan dunia dan pekerjaan dewasa ini cenderung menuntut kemampuan yang lebih komprehenship, tidak hanya kemampuan teoritis tetapi juga praktis. Dalam hal ini selain kemampuan mahasiswa dibidang teoritis dan praktis, pengalaman kerja merupakan hal terpenting bagi mahasiswa sebagai bekal persiapan menghadapi kompetisi setelah lulus kuliah. Selain itu kemampuan untuk menjalin relasi juga sangat penting bagi mahasiswa dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja.

    Tujuan dari program PKL  ini sendiri adalah untuk memraktikkan teori atau pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan di tempat PKL. Hal ini juga ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman-pengalaman langsung di lapangan kerja sebelum terjun langsung di dunia kerja di masyarakat. Selain itu juga untuk membangun relasi dan jaringan sebagai bekal untuk menciptakan pekerjaan setelah menyelesaikan perkuliahan. Untuk dapat melaksanakan PKL mahasiswa telah lulus minimal 100 sks. Telah lulus semua mata kuliah peminatan dan prasarat. Ketentuan-ketentuan lain dan prosedur pengajuan PKL dapat dibaca langsung dibuku Panduan Praktis yang telah disediakan di fakultas.

          Demi kelancaran program PKL, fakultas telah menyiapkan buku panduan dan dosen pembimbing untuk membantu proses PKL agar tepat sasaran. Untuk penentuan tempat PKL mahasiswa bisa memilih sendiri tempat yang sesuai dengan bidan peminatannya. Terkait dengan penentuan tempat PKL dan juga pelatihan serta kepentingan Kunjungan untuk menunjang perkuliahan, FISIP UHAMKA juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, lembaga dan perusahaan sebagai berikut:

  • Media Massa (cetak): Kompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Majalah Kartika. (Elektronik) RRI, TVRI, SCTV, Indosiar, TV One, Trans TV, MNC, JakTV, TV Banten, Bens Radio, El Shinta.
  • Perusahaan Periklanan: Matari Advertising
  • Institusi Pemerinta: MPR, DPR, MK, Pemda DKI, Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Pusat Teknologi Komunikasi
  • Lembaga Swasta: Indosat, Telkomsel, Lembaga Pers Dr. Soetomo, Perhuma ASPIKOM,
  • Lembaga Swadaya Masyarakat: Komunikasi Petani Sanggar Buana, Yayasan Ikhlas, Asosiasi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Demi kelancaran pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa diharapkan memperhatikan dan mengikuti regulasi yang ada. Pelaksanaan PKL yang tidak mengikuti regulasi yang ada dianggap ilegal dan tidak dapat diproses secara akademik. berikut Regulasi Praktek Kerja Lapangan FISIP UHAMKA