Kurikulum dan Metode Pengajaran

      Kurikulum disusun sebagai suatu kegiatan belajar yang dinamis, partisipatif, padat, dan menyenangkan. Struktur kurikulum yang berlaku di UHAMKA disebut sebagai Kurikulum operasional yang mengacu pada keputusan Mendiknas Nomor 232/U/2000/tanggal 20 Desember 2000. Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana FISIP UHAMKA terdiri atas 142 sks, yang terdistribusi dalam kelompok mata kuliah sebagai berikut :

  • Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)              : 17 sks
  • Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)               : 33 sks
  • Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)                               : 50 sks
  • Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)                                : 33 sks
  • Kelompok mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)           : 12 sks

2. Beban SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program S1 adalah 144-148 SKS. Untuk    memenuhi beban sks diwajibkan tersebut mahasiswa harus mengambil mata kuliah piliha yang disediakan.

3. Komponen Mata Kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi program sarjana FISIP UHAMKA meliputi mata kuliah dengan jumlah tersebut.

       Perkuliahan diselenggarakan di kelas dengan metode ceramah dan diskusi interaktif ditambah dengan praktik di luar kelas untuk mata kuliah keahlian serta kunjungan dosen tamu dari kalangan akademisi maupun praktisi.

   Dengan didukung staf pengajar professional yang berpengalaman di bidangnya dan berdedikasi tinggi diharapkan mahasiswa akan mengembangkan potensi dirinya semaksimal mungkin. Dengan tambahan bekal mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan diharapkan mahasiswa akan menjadi insan intelektual yang islami.