FISIP UHAMKA AKAN SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL

Integrasi Akademik Al Islam Kemuhamadiyahan

dalam Program Studi Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah

 

Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia memiliki berbagai amal usaha. Salah satunya adalah di bidang pendidikan yang berwujud Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Muhammadiyah memiliki 155 PTM yang tersebar dari Sabang-Merauke. Karena itu PTM memiliki andil yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui PTM, Muhammadiyah turut serta mendidik bangsa Indonesia di berbagai bidang keilmuan dan mengembangkan pendidikan yang berkarakter Islami sesuai dengan perkembangan zaman.

Salah satu bidang keilmuan yang kini banyak diminati dan diperlukan adalah Ilmu Komunikasi. Mengantisipasi hal ini beberapa PTM telah membuka Program Studi Ilmu Komunikasi. Untuk menyamakan kompetensi para lulusan Prodi Ilmu Komunikasi diberbagai PTM, maka dibentuklah Assosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) pada November 2014 di Yogyakarta. Melalui wadah ini para dosen Ilmu Komunikasi di lingkungan PTM bersinergi dan saling berbagi ilmu agar dapat mewujudkan kurikulum ilmu komunikasi yang mengandung nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan. Dengan demikian, para sarjana Ilmu Komunikasi lulusan PTM akan berbeda dengan sarjana komunikasi dari perguruan tinggi umum. Untuk mencapai tujuan tersebut APIK PTM bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA), LPP Al Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Integritas dan Sinergi Akademik Al Islam Kemuhammadiyahan dalam Program Studi Ilmu Komunikasi di perguruan tinggi Muhammadiyah”. Seminar Nasional ini Insyaallah akan diselenggarakan pada hari rabu, tanggal 11 Februari 2015 pukul 08.30-12.30 WIB bertempat di aula UHAMKA Lt 4 JL. Limau II, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Akan hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Karim , Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Prof. Dr. Suyatno M.Pd, Rektor UHAMKA. Seminar ini juga akan dihadiri oleh para pengelola Al Islam Kemihamadiyahan di Lingkungan PTM se-Jabodetabek, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, Pengurus Pusat APIK PTM, dan pejabat structural di tingkat program studi se- UHAMKA.